saat-saat sulit itu kembali dan selalu datang..

Malem ini jadi malem terberat sepanjang hidup yang telah aku jalani.
Sebuah persoalan yang dari bulan ke bulan tak juga terselesaikan, tenggelam dalam bejibun persoalan lain yang harus teratasi setiap hari, kini muncul lagi.

entah sudah berapa kali aku berada di titik yang paling rendah..
sudah berapa bulan ini selalu saja masa-masa sulit itu terus datang..
ketika aku bisa melewatinya, akan terus kembali dan selalu datang..

seringkali kuberpikir mau sampai kapan masa-masa sulit itu akan lewat..
mau sampai kapan aku bisa terlepas dari semua masalah yang sama..
iya masalah finansial..
manusiawi.. tapi yang menjadi tidak manusiawi karna semua itu terjadi akibat kebodohan yang telah kulakukan..

Sekian alternatif jalan keluar tampak ada, namun selalu balik ke persoalan semula..
Begitu besar dan berat persoalan ini hingga tak satu pun teman dan saudara bisa membantu..
Aku berada di titik yang paling tak aku suka : titik tidak bisa berbuat apa-apa.


Seorang teman pernah berkata, "Jika suatu saat menghadapi persoalan, lalu tak bisa berbuat apa-apa, ya jangan melakukan apa pun. Tunggu saja seiring dengan waktu semua itu akan terlewati dan terselesaikan dengan sendirinya..”

Benarkah ? Benarkah aku harus diam saja karena memang (rasanya) tak ada yang bisa aku lakukan ?
Benarkah aku harus membiarkan diriku bingung lalu ketika berhenti, tetap saja berada di persoalan yang sama ?
aku tidak tau..

apakah aku kurang bersyukur.. hingga Alloh selalu mengujiku dengan memberikan persoalan hidup yang begitu berat..
apakah aku kurang dekat dengan-Mu, hingga Kau pun selalu memberikanku masalah yang tiada henti..

aku sadar semua ini terjadi karena kebodohanku,
aku juga tidak menyangka akan mengalami peristiwa dan kejadian yang begitu kelam..
kenapa begitu bodohnya aku bisa terjatuh di lubang yang tanpa sengaja aku buat sendiri..
dan penyesalan selalu datang terlambat..
tapi emang demikian adanya..
semua tidak ada kebetulan.. pasti ada hikmah yang terbaik untukku..
karna semua sudah digariskan oleh Alloh sebagai sebuah fase
yang emang harus dilewati.

yang bisa kulakukan terus dan terus sampe sekarang sebagai seorang manusia adalah tetap ikhlas, tawakal, sabar, istiqomah, dan terus ikhtiar mengharap pertolongan dari Alloh..

aku harap tetep bisa sabar dan tegar dalam menghadapi permasalahan hidup..
setidaknya Ramadhan akan kembali hadir menyapa.. semoga akan ada banyak perubahan yang lebih baik dalam hidupku di masa akan datang..
Amin.

Template by : Kendhin x-template.blogspot.com